Jumat, 14 September 2018

Perjalanan Naik Bus dari Singapore - Kuala Lumpur

Terminal Bersepadu Selatan

Hello guys, mau sharing sedikit nih tentang perjalanan kemarin dari Singapore ke Kuala lumpur, jadi untuk perjalanan ku dari singapore ke Kuala lumpur, aku sama temen ku memutuskan untuk coba naik bus lintas negara ( Singapore – Kuala Lumpur ).

Sebenernya kenapa akhirnya memutuskan untuk naik bus, yang jadi pertimbangan di awal itu ya masalah di budget maklum lah namanya juga backpacker mesti banyak perhitungan hehhehe, sekalian nambah-nambah pengalaman juga sih. Kali ini trip ku bersama sahabat aku sebut saja dia mawar hehe, jadi  cerita nya kami mengambil bus malem menuju kuala lumpur karna kami pergi selepas pulang kerja dan sampai disingapore itu sekitar jam 20:00 ( waktu singapore ) , setelah baca-baca blog para traveler yang sudah pernah kesana, cari-cari di mbah google, akhirnya kami memutuskan membeli tiket bus ini di http://www.busonlineticket.com

Kami naik bus seasons di jam 23:30 dengan biaya Bus dari Singapore – Kuala Lumpur seharga 25 SGD, setengah dari harga tiket pesawat loh ckckckck. Perjalanan di mulai dari Batam – Habourfront - Golden Mile Tower – TBS. untuk bisa sampai di Golden Mile Tower kalian bisa naik MRT tujuan Lavender, lalu bisa melajutkan dengan jalan kaki kurang lebih 10 menitan kalian bisa sampai di Golden Mile Tower, jalan kaki loh biar sehat heheheh. Oh iya TBS itu kepanjangan dari Terminal Bersepadu Selatan, terminal Bus yang ada di Kuala lumpur dan estimasi perjalanan menuju TBS ini kurang lebih 5-6 jam perjalanan.

Tepat pukul 00:00 ( waktu singapore ) bus kami pun berangkat menuju kuala lumpur, jam 1 malam kami sampai di imigrasi singapore, di imigrasi singapore ga begitu deg deg kan karna hanya cap keluar saja gak seperti biasanya kalo aku masuk singapore lewat habourfront deg deg kan terus karna imigrasi yang di habourfront kadang suka rempong nanyak ini nanyak itu perasaan ga enak banget sumpah. Gak lama kemudian setelah selesai di Imigrasi Singapore, bus pun melanjutkan perjalanan ke Imigrasi Malaysia. Sekitar jam setengah 2 pagi, bus kami sampai di Imigrasi Malaysia, disini penumpang diturunin dan di wajibkan membawa semua barang-barang untuk di cek di imigrasi malaysia, ada untungnya juga ambil bus malem, karna pas tengah malem gini petugas imigrasi gak kepo nanyak ini nanyak itu dan gak begitu rame jadi passport bisa langsung di cap dan bisa pergi deh.

Kauter Tiket TBS
Tiket Menuju Butterworth

Hentian Huda
 Kami sampai di TBS sekitar pukul 05.30    ( waktu malaysia ), disini drama pun dimulai, kami kehabisan tiket bus guys hiks karna kami pada waktu itu berencana membeli tiket TBS-Butterworth secara go show apa mau dikata nasi telah menjadi bubur. Kami pun mulai mencari jalan keluarnya dari TBS kami menuju ke Hentian Duta karna disana biasa nya selalu ada extra bus, namun tiket nya agak sedikit mahal tapi masih terjangkau kalau dibandingkan dengan harga tiket pesawat. Harga tiket dari terminal duta seharga 55 RM dan estimasi perjalanan dari terminal huda menuju butterworth kurang lebih 5 jam perjalanan namun apa dikata pada hari itu perjalanan kami memakan waktu 8 jam perjalanan dikarena pada hari itu malaysia juga lagi public holiday so dalam perjalanan pun macet.

Sesampainya kami di butterworth kami pun diantar dengan bus rapid penang ( free bus ) menuju ke pelabuhan untuk menyebrang ke pulau pinang. Perjalanan memakan waktu kurang lebih 20 menit untuk sampai di pulau pinang. Kapal nya sama persis seperti kapal roro yang mengangkut angkutan seperti motor,mobil dll. Dan finally akhirnya setelah perjalanan panjang kami berdua pun sampai di pulau pinang horeeeeeeeee ....

Yeah begitu pengalaman ku perjalanan dari singapore -  kuala lumpur via darat dengan bumbu-bumbu drama 😆, sampai jumpa di cerita selanjutnya hehhehe ….

Note :
Jika kalian ingin berpergian ke singapore/malaysia/Thailand sebaiknya anda telah membeli tiket bus online jauh-jauh hari, susah sekali mendapatkan tiket pada hari H. seperti yang kami alami diatas untungnya ada extra bus namun dengan harga lebih tinggi dari sebelumnya.

Biaya :

-      Ferry PP Batam – SG                  = Rp. 270.000 ( Promo )

-     Tiket Bus SG – KL                      = 25 SGD ( Rp. 270.000 )

-     Taxi ke Terminal Duta               = 60 RM/2 ( Rp. 108.000 )

-     Terminal Duta – Butterworth     = 55 RM ( Rp. 198.000 )
-     Kapal Butterworth – Penang       = 1,20 RM ( Rp. 4.320 )